Penyebab Mandul

0

MANDUL

Bagi wanita arti mandul ialah ketidakmampuan hamil karena indung telur mengalami kerusakan sehingga tidak mampu memproduksi sel telur. Sementara, arti mandul bagi pria ialah tidak mampu menghasilkan kehamilan karena buah pelir tidak dapat memproduksi sel spermatozoa sama sekali. Baik pria maupun wanita yang mandul tetap mempunyai fungsi seksual yang normal. Tetapi, sebagian orang yang mengetahui bahwa mandul adalah sebuah kecacatan, hal tersebut tentu saja keliru karena yang sebenarnya terjadi adalah kondisi infertile baik pada wanitanya maupun pada prianya. Penyebab dari ketidakfertilan tersebut dapat diuraikan sebagai berikut:

* Mandul pada wanita disebabkan oleh:

1. hormone FSH

2. jarak fimbrae dan ovarium jauh sehingga saat ovulasi sel telur jatuh (tidak sampai ke oviduct) dan tidak bisa terjadi fertilisasi

3. sillia pada oviduct tidak tumbuh normal (silianya pendek atau sedikit) sehingga tidak bisa menggerakkan sel telur

4. oviduct tersumbat. Hal ini akan menyebabkan hamil di luar kandungan (ektopik): ovidut yang tersumbat sebagian menyebabkan sprema bisa lewat namun tidak bagi sel telur, hal ini mengakibatkan pembuahan terjadi di Oviduct ( luar kandungan / uterus)

5. ketebalan dinding rahim yang rendah sehingga blastosol tidak tertanam dengan baik yang akhirnay rentan terjadinya keguguran

6. terdapat mikroba

* Mandul pada laki-laki disebabkan oleh:

1. tidak bisa ereksi (impotensi)

2. jumlah sperma berkurang

3. viabilitas (ketahanan hidup) sperma rendah

4. terjadi pembengkaakn di prostat.

Dalam kondisi infertile ini yang sebetlnya dbutuhkan oleh pasangan adalah sebuah treatmen terhadap sel-sel yang kondisinya lemah itu agar menjad vukup kat untuk menjalankan proses pembuahan.

Salah satu solusi dari kasus tersebut yaitu dengan melalui teknologi IVF (bayi tabung). Penjelasan mengenai bayi tabung ini dapat anda lihat pada artikel saya sebelumnya.

0 Comments:

Post a Comment